Pages

Wednesday, July 25, 2012

Animetal; Sentuhan Aransemen Musik Cadas dari Lagu Anime Terkenal Jepang

Animetal; Sentuhan Aransemen Musik Cadas dari Lagu Anime Terkenal Jepang. Mungkin beberapa dari anda yang kebetulan lahir di era 70 dan 80 an mungkin sempat mengalami masa kanak-kanak di mana ketika itu serbuan dari beragam film  Jepang Jepang banyak diputar di beberapa televeisi lokal dari yang bergenre anime(animasi Jepang), tokusatsu(pahlawan super), kamen Rider(pahlawan bertopeng), dan masih banyak lagi. Negara Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara  di mana perkembangan film animasinya terbilang sangat maju. hal tersebut pun bersinergi dengan para pemusiknya yang produktif dalam membuat soundtrack dari sebuah anime yang tidak jarang kemudian menjadi hits di seluruh dunia. Sekedar flashback ke era 90-an, ketika itu salah satu film anime terkenal yang berjudul Saint seiya sangat populer dengan theme soundtracknya yang berjudul "pegasus fantasy" yang dibawakan oleh band Make up yang bergenre heavy metal yang berhasil meramu aransemen musik dari lagu ini dengan sangat megah yang meneyebabkan lagu ini menjadi salah satu lagu soundtrack anime yang banyak dikenal oleh penikmat musik di seluruh dunia. Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai band Make Up, melainkan mengenai sebuah band dengan genre musik yang hampir sama, namun mereka memilih untuk memainkan beberapa cover version dari banyak anime terkenal dengan sentuhan yang cadas.

Bagi anda yang kurang mengamati tentang music scene di Jepang mungkin merasa asing dengan nama band yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Animetal sendiri adalah band yang bergenre heavy metal yang mengkhususkan diri dalam membuat aransemen atau cover version dari banyak anime terkenal yang tentunya berkarakter cadas. Band ini terdiri dari Eizou Sakamoto(vokal), Syu(gitar), Masaki(bass), dan Katsuji(additional drum). Eizou sendiri sebelumnya dikenal sebagai seorang vokalis band Anthem, yakni sebuah band heavy metal jepang di era 80-an yang berhasil meraih popularitas di luar Jepang.  Band ini dibentuk sekitar tahun 1996 berdasarkan kecintaan masing-masing personil akan anime, ataupun film-film superhero Jepang. Keterampilan dan kreativitas band ini dalam membuat aransemen ulang dari beberapa lagu anime atau film superhero Jepang menyebabkan popularitas mereka  naik, khusus di kalangan pecinta anime yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa dari lagu-lagu yang mereka mainkan memang cenderung adalah short version yang terkadang dijadikan medley dengan lagu lainnya. Beberapa diantaranya adalah cover version dari soundtrack film kartun seperti drago ball, Saint seiya, doraemon, Macross an lain-lain. Selain itu  beberapa cover version dari soundtrack film superhero seperti ultraman dan kamen rider(ksatria baja hitam) diaransemen ulang dengan karakter musik yang lebih terdistrosi. Ciri khas distorsi heavy metal atau bahkan speed metal sangat kental terdengar dari aransemen-aransemen musik yang mereka sajikan. karakter permainan gitar syu yang ciamik memainkan riff-riff gitar dengan paduan melodi yang sangat cepat berpadu dengan permainan bass dari Masaki yang agresif hingga suara vokal melengking dari  Eizou yang sepintas hampir mirip dengan suara vokal dari Candil(ex vokalis Seurieus band). band ini kerap menampilkan stage act yang luar biasa memukau audience. Tidak jarang para personil band berdandan dengan make up ala band Kiss dengan wardrobe yang unik disertai dengan jamming dan solo part dari masing-masing personil yang membuat penampilan panggung mereka sangat dinantikan oleh para penggemar.

Dalam kurun waktu beberapa tahun, band ini sempat bongkar pasang personil dan berkolaborasi dengan vokalis wanita untuk mengisi part vokal dalam beberapa lagu cover anime tertentu. Bahkan, Marty Friedman(gitaris Megadeth) yang sekarang ini memang menetap di Jepang dan seringkali berkolaborasi dengan beberapa musisi Jepang sempat mengisi posisi gitar dan mengisi beberapa track pada album animetal lady marathon.

Sangat disayangkan karir band ini harus berhenti di tahun 2006, di mana masing-masing personil berkonsentrasi pada proyek solo. Eizou sendiri melanjutkan karir bermusiknya dengan membuat band Eizou Japan. Namun, baru-baru ini muncul sebuah band dengan nama Animetal Usa di mana proses pembentukannya memang terinspirasi oleh band Animetal Jepang. Band Animetal Usa sendiri terbentuk sekitar tahun 2011 dengan beberapa personil yang bisa dikatakan memiliki pamor di kalangan musik metal. Personil dari band ini terdiri dari Mike Vescera( vokal/ex vokalis Loudness), Chris Impelliteri(gitar), Jon Dette(ex slayer), dan Rudy Sarzo(Ex ozzy osborne,Whitesnake). Tidak disangka-sangka menurut interview dari beberapa majalah, beberapa dari personil band ini ternyata memang memiliki kegemaran menonton film-film anime Jepang. Mereka pun termasuk pengamat musik Jepang, khususnya band-band dengan genre rock atau metal.

Bagi anda yang memang memiliki interest pada scene musik jepang atau mungkin menyukai genre musik metal, rasanya band animetal ataupun Animetal Usa ini patut menjadi rekomendasi song list anda. Ketika saya pertama kali mendengarkan band ini beberapa tahun yang lalu, tanpa sadar flashback akan kenangan masa kecil ketika menonton beberapa anime yang sempat hits ketika itu kembali terngiang di benak saya. Jadi, bagi anda yang ingin sedikiti bernostalgia dengan beberapa lagu kartun jadul yang tentunya disajikan dengan aransemen cadas, tidak ada salahnya untuk menjadikan band ini  sebagai playlist pada songlist anda.


No comments:

Post a Comment